Mau Untung, Ini Dia Cara Beternak Bebek Pedaging Yang Benar!

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
09 Jul 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Bebek saat ini tidak hanya dapat diternakan sebagai bebek petelur, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bebek pedaging. Selain telur dan dagingnya, kotoranya pun dapat dimanfaatkan menjadi pupuk. Saat ini meningkatnya permintaan pasar terhadap bebek pedaging, membuat beternak bebek pedaging menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Sebelum memulai bisnis, Sobat Satwa harus tahu cara beternak bebek pedaging yang benar agar saat waktunya ternak, Sobat Satwa mendapatkan keuntungan bukan malah jadi buntung. Nih, Sobat Satwa beberapa tips cara beternak bebek pedaging yang benar:

1. Persiapkan Kandang Ternak Bebek

Kandang merupakan hal pertama yang harus disiapkan ketika Sobat Satwa ingin memulai beternak. Ada 3 jenis kandang yang harus disiapkan untuk memulai beternak:

  1. Kandang Box, berupa box khusus berukuran 1-2 meter untuk anak itik agar dapat menampung sampai 50 ekor anak itik.
  2. Kandang Browser, untuk menaruh bebek remaja yang dapat menampung dari 16-100 ekor bebek remaja.
  3. Kandang Layar, kandang yang digunakan untuk menaruh 4-5 ekor bebek dewasa.

Setelah itu, periksalah keadaan kandang apakah kandang nyaman untuk ditinggali bebek atau tidak. Kenyamanan, kebersihan, kekuatan kandang sangat berpengaruh terhadap psikologi pada bebek. Berikan ruang gerak yang cukup luas untuk bebek untuk mencegah bebek terkena stres. Kandang bebek harus menghadap timur - barat untuk mencegah sinar matahari yang masuk agar suhu udara pada kandang tidak panas. Agar kandang tidak lembab, berikan jerami atau tanah pada alas kandang.

https://www.freepik.com

2. Bibit Bebek

Ketika hendak memilih bibit bebek, pilihlah bibit bebek yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki bulu bersih, bagus dan kering.
  2. Kedua mata jernih dan tidak buta.
  3. Geraknya lincah, kaki kokoh dan tidak dalam keadaan cacat.
  4. Bobot minimal 400 gram.
  5. Tubuh tegap.
  6. Nafsu makan besar dan bebas dari penyakit.

Sangat disarankan untuk memilih bibit bebek dengan jenis kelamin jantan karena masa pertumbuhannya lebih cepat daripada betina. Ciri-ciri bibit jantan adalah, paruh mengkilap, ukuran badan besar, suaranya lebih serak, lehernya pendek dan memiliki ekor yang lebih naik dibandingkan betina.

https://www.freepik.com

3. Pakan Bebek

Pada saat pemberian pakan untuk bibit bebek yang berumur 1-14 hari, berikan pakan yang dicampur dengan sedikit air agar mudah untuk dicerna. Untuk bebek yang berumur 15-20 hari, berikan pakan grower yang sudah dicampurkan dengan pakan alternatif dan dicampur dengan sedikit air. Untuk pakan alternatif berikan yang mengandung tepung bulu unggas, tepung ikan, tepung jagung, tepung bekicot dan nasi aking. Jangan lupa untuk memberikan vitamin serta tambahan sayur-sayuran. Pakan merupakan elemen penting dalam beternak sehingga berikan pakan dengan jumlah yang tepat agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

 4. Perawatan

Jagalah kebersihan kandang secara rutin perhatikan juga kebersihan sanitasi kandang bebek. Berikan vaksin pada bebek agar terhindar dari hama dan penyakit.

Bagaimana dengan informasi di atas apakah Sobat Satwa sudah mantap untuk memulai bisnis beternak bebek pedaging? yuk, kita ingat selalu Sobat Satwa bahwa kunci utama dalam beternak bebek pedaging adalah pakan dan kebersihan kandang, jadi jangan meremehkan 2 hal tersebut ya!

Source Picture:

https://www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual