10 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Untracked

image_pet
0 Komentar
Wishlist
09 Apr 2020
Laporkan
  • Kategori
    :   News
  • Sub Kategori
    :   News
  • Umur
    :   
Deskripsi

Hewan peliharaan pada dasarnya adalah hewan yang dipelihara dengan tujuan untuk menemani manusia, disadari atau tidak seringkali hewan kesayangan kita itu memberikan lebih banyak dari sekedar sahabat penghilang stres. Berikut beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan menurut psikolog yang mungkin akan menambah keinginanmu untuk memelihara lebih banyak lagi hewan kesayangan.

1. Meredakan Stress

Ketika kamu melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama hewan peliharaan ternyata menurut psikologi hal tersebut bisa membantu meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin lho. Sehingga hal ini membantu menimbulkan perasaan bahagia dan juga menenangkan.

Penelitian dari Virginia Commonwealth University sudah menyatakan bahwa dari 450 pegawai memiliki tingkat stress yang lebih rendah, bukan tanpa sebab hal ini karena mereka bisa membawa anjing mereka ke kantor dibandingkan dengan saat mereka meninggalkannya dirumah sendirian. Selain itu menurunkan tingkat stres, satu dari empat pegawai merasakan peningkatan dalam produktivitas kerja.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Karen Allen, seorang peneliti dari sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Buffalo menyatakan bahwa hewan peliharaan sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat menghindarkan kita dari resiko lanjutan tekanan darah tinggi yaitu stroke dan penyakit jantung. Keren banget ya!

3. Menjadikan Pribadi yang Lebih Bertanggung Jawab, Terorganisir, Disiplin dan Sabar

Karena mengurus hewan peliharaan ga cuman sekedar memberi makan dan minum saja tapi juga memberinya waktu untuk bermain, mengajak jalan, perawatan rutin ke dokter untuk vaksin dan bersiap jika mereka terserang penyakit. Inilah komitmen seumur hidup yang sama nyatanya dengan komitmen pernikahan misalnya.

4. Menaikan Kekebalan Tubuh

Jika dari sisi kesehatan kembali, seseorang yang merawat dan memiliki hewan peliharaan akan memiliki sistem imun yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Kok bisa?  Hewan peliharaan ternyata bisa memicu tubuh untuk membentuk lebih banyak sel kekebalan tubuh sehingga lebih terlindungi dari alergi dan asma (khususnya). Sisanya untuk kamu yang mudah sakit seperti flu, demam dan lainnya.

Menurut penelitian dari  University of Wisconsin’s School of Medicine and Public Health, jika ada seorang anak yang lahir dan memiliki anjing peliharaan besar ataupun kucing, maka ia kemungkinan terhindar dari alergi dibandingkan dengan yang tidak. Meskipun beberapa bilang penyakit akan menyerang hewan peliharaannya.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini diantaranya diakibatkan oleh hipertensi atau darah tinggi dan kolesterol. Ternyata memelihara hewan bisa menurunkan tekanan darah lho, hal ini berarti memelihara hewan dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

6. Melatih Empati

Orang yang dari kecil sudah memelihara hewan, biasanya lebih mudah berempati terhadap orang lain. Beberapa orang, bahkan mereka lebih mudah terenyuh hatinya melihat hal yang menyedihkan.

7. Mengatasi Sakit Tulang dan Otot

Untuk mengatasi sakit tulang dan otot khusus dimiliki oleh kucing. Ketika kucing mendengkur maka secara tidak langsung akan menenangkan untuk therapeutic di tulang dan otot manusia. Hal ini terkait frekuensi getaran yang dihasilkan oleh kucing dengan besaran  20 -140 Hz. Pada getaran tersebut otot dan tulang mendapatkan sengatan yang cukup baik dan membuat tubuh terhindar dari sakit tulang dan juga otot.

8. Membuat Betah di Rumah

Hewan peliharaan tidak dipungkiri membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Tingkahnya yang lucu, menggemaskan atau kadang menyebalkan membuat rumah menjadi lebih semarak. Di antara pecinta hewan bahkan ada yang mengibaratkan hewan seperti anaknya sendiri. Saking sayangnya, mereka selalu terbayang dan rindu dengan hewan peliharaannya. Dan tentunya hal ini membuat mereka, atau kita, menjadi betah di rumah.

9. Membuka Pertemanan Baru Bahkan Jodoh!

Yup, sudah banyak cerita tentang bagaimana orang yang tadinya mengalami kesulitan membuka pembicaraan bisa memulainya dengan lancar dengan “bantuan” sahabat kaki empat di sebelahnya. Dibeberapa cerita bahkan ada yang menemukan jodohnya via hewan peliharaannya.

10. Menenangkan Pengidap AIDS

Ada hasil studi yang menyatakan bahwa  pengidap AIDS dan lansia juga menyatakan bahwa mereka yang mempunyai hewan piaraan lebih jarang mengalami depresi. Hal ini terjadi karena para penderita AIDS dan lansia seringkali ditakutkan pada kematian yang berada di depan mata mereka dengan jelas. Selain itu, para pengidap AIDS juga menyayangi hewan peliharaan dan membuat mereka lebih tenang karena jika bertemu seseorang ia khawatir akan menularkan AIDS nya.


Nah itu dia 10 manfaat memelihara hewan menurut para psikolog, banyak banget ya manfaat memelihara hewan! Loh kamu belum punya hewan peliharaan? Tunggu apalagi langsung aja pilih di Taman Satwa! 

Source Picture: 

www.freepik.com

Komentar

Admin TamanSatwa

25 minutes ago


Tentang Penjual


Hubungi Penjual